Pages

Sabtu, Juni 06, 2009

Tips Aman Mencabut Flashdisk

Setiap kali akan mencabut flashdisk, biasanya kita akan menggunakan perintah Safely Remove Hardware. Tetapi terkadang keluar pesan error Generic Volume Cannot Be Stopped yang menghambat kita untuk mencabut flashdisk kita. Kenapa bisa begitu dan bagaimana mengatasinya?




Penyebab kenapa Windows tidak mengizinkan kita untuk mencabut flashdisk adalah karena ada file, program atau suatu proses dari sistem yang masih bekerja pada flashdisk tersebut. Mencabutnya saat masih terjadi akses data pada flashdisk akan mengakibatkan ada beberapa file akan corrupt dan bisa membuat flashdisk menjadi rusak.

Cara mengatasinya bisa dimulai dengan menutup semua window Explorer yang masih terbuka. Meski mereka tidak sedang menampilkan isi dari drive, mereka mungkin sedang melakukan proses pada drive.

Selanjutnya, tutup program yang mungkin sedang mengakses file atau folder yang ada pada flashdisk. Sebagai contoh Anda sedang membuka file Word yang ada di flashdisk, maka Anda harus menutup file Word yang sedang terbuka tersebut.

Jika semua itu masih belum saja menjadi solusi, kemungkinan ada program yang sedang mengakses flashdisk tanpa sepengetahuan Anda. Contohnya mungkin program antivirus sedang melakukan scanning atau mengawasi flashdisk Anda. Ini akan membuat safe removal akan sulit dilakukan.

Jika Anda menggunakan program pemonitor sistem, coba lihat setting-nya apakah bisa Anda tidak mengikutkan external drive. Tetapi memang sedikit beresiko karena flasdisk sering menjadi sumber virus.

Langkah paling jitu adalah dengan merestart PC tanpa mematikan PC. Bingung? begini caranya :
Tekan Ctrl+Alt+Delete (bersamaan). Maka akan muncul Windows Task Manager. Kemudian klik Processes dan cari Explorer dalam Image Name

Klik Explorer kemudian klik End Process. Maka Task Bar yang biasa terdapat bagian paling bawah sepanjang monitor akan hilang.

Kemudian klik File/New Task (Run...)

Ketikkan Explprer pada kolom Open, kemudian klik OK.

Sekarang task bar telah muncul kembali dan coba cabut kembali flasdisk dengan prosedur seperti biasanya, maka Safely Remove Hardware akan muncul dan flasdisk anda dapat dicabut dengan aman sentausa.

Namun yang namanya gadget sering juga menjadi bandel dan menyebalkan. Jika semua cara di atas tidak juga berhasil, gue masih ada dua cara lagi.
Pertama gunakan software, software ini dapet di donlot di safelyremove.com. Jadi kerja daripada software itu adalah memantau aplikasi apa saja yang tersambung dengan flashdisk kita. Setelah mengetahui aplikasi yang belum mati, segera hentikan proses aplikasi tersebut dan stop kembali perangkat yang tersambung dan keluarkan dengan aman.

Cara yang kedua, jika semua cara dan ikhtiar kita tidak membuahkan hasil, maka tidak lain kita harus memakai cara kekerasan. Cabut Paksa. Cara ini cukup memberikan kepuasan batin bagi pelakunya, sehingga mugkin para pelaku Cabut Paksa Flash Disk akan mendirikan sebuah komunitas Japepafdis (Jajaran Pencabut Paksa Flash Disk), sehingga mereka dapat sharing tentang pengalaman mereka.

Selamat mencoba

0 comments:

Posting Komentar

Penulis mengajak pembaca memberikan donasi untuk pengembangan ilmu. Donasi dapat ditransfer ke rekening berikut a.n. HARIS PRADIPTA PUTRA:

BNI 0242311624

Jika anda membutuhkan penjelasan lebih lanjut ataupun bantuan seputar artikel di atas, silahkan kontak saya di haris.pradipta[at]gmail.com

Profil Saya

Foto Saya
Saya Haris Pradipta Putra, bekerja di PT. PJB - Badan Pengelola Waduk Cirata/BPWC, di bidang Pemeliharaan Sipil. Terima kasih atas bantuannya dan atas kunjungannya ke blog saya.
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons