Pages

Kamis, November 11, 2010

Karya Perdana Rumah Jepang

(Sidoarjo, HARISPRADIPTA.blogspot.com)

Akhirnya bisa juga!

Setelah tiga minggu training, berkutat dengan Bahasa Jepang, software Jepang, peraturan-peraturan standar Jepang dan kebudayaan Jepang akhirnya saya membuahkan karya perdana desain konstruksi rumah Jepang.

Pertama kali masuk training, hampir separuh hidup saya dalam satu hari habis untuk menggaruk-garuk kepala bingung campur frustasi. Dari eS-De yang dicekoki Bahasa Inggris, Tsanawiyah dan Aliyah yang penuh dengan Bahasa Arab, masa kuliah sibuk dengan buku-buku bahasa Inggris dan Belanda, dan sekarang harus dan wajib mengerti Bahasa Jepang sekaligus tetek bengeknya.

Lalu seperti apakah pekerjaan saya tersebut? Perlu diketahui terlebih dahulu, bahwa budaya orang Jepang adalah membuat rumah secara Prefabrikasi, yang mana hampir 90% bahannya adalah kayu. Hal ini merupakan jawaban dari permasalahan bangunan Prefabrikasi. Namun kendalanya adalah biaya yang dikeluarkan untuk membangun bangunan semacam ini akan sangat besar.

Singkat saja, pekerjaan saya ini adalah menggambar rumah yang dipesan oleh orang Jepang. Yaitu, setelah para Arsitek dan Praktisi Teknik Sipil Jepang selesai mendesain sebuah rumah, maka gambar desain tersbut dikirim ke Indonesia untuk digambar pada sebuah software. Saya bertugas menyalin desain tersebut ke dalam software agar mesin fabrikasi kayu dapat mencetak kayu-kayu dengan ukuran dan jenis menurut desain awal pesanan dan desain yang saya inputkan.

Cukup ribet jika diterangkan lebih jauh dan jika penasaran ingin mengetahui lebih jauh mungkin teman-teman harus "mbayar dhisik" kepada empunya Copyright perusahaan saya. Namun karena saya baik hati, murah senyum dan tidak sombong maka berikut ini saya berikan snapshot hasil pekerjaan saya.

Gambar 3D (klik gambar untuk perbesar)

Lantai 1 (klik gambar untuk perbesar)

Lantai 2 (klik gambar untuk perbesar)

Koya (penahan atap) (klik gambar untuk perbesar)

Atap (klik gambar untuk perbesar)

Happy working, happy learning, keep spirit 'lah yaw.

9 comments:

Segawon mengatakan...

gut lak wae bos

Haris Pradipta mengatakan...

@ Cak Muki: Suwun, cak.

Belly Surya Candra Orsa mengatakan...

Great Blog..!!!! Keep Blogging.... :)

Iklan Property Gratis | Rumah Dijual Capet Laku mengatakan...

Web anda bagus sekali, dan saya ucapkan terima kasih atas info anda. Semoga web anda semakin ramai dan banyak pengunjung nya.

Semoga bisa bermanfaat bagi semua…!
Terima kasih
[ACR] http://ayocarirumah.com

El-Fuady's mengatakan...

SUBKHANALLOH............
pangestunE mawon ain juga nyuba brkiprah diDUTA BETON PASURUAN.......heheheh

Uut mengatakan...

Wah hebat juga Cak Haris bisa 6 bahasa: Indonesia, Arab, Inggris, Belanda, Jepang, pasti Jawa dong... klo boleh tahu softwarenya itu apa ya? rencana sich mau bangun rumah, pengin sihc desain rumah sendiri...

Haris Pradipta mengatakan...

Terima kasih sudah berkunjung. Selama beberapa lama berkutat dengan rumah2 jepang, saya rekomendasikan saudara memakai desain rumah khas Jepang. Cukup unik.

Bila tertarik silakan saudara kontak saya untuk berbagi lebih banyak.

YOGYAKARTA mengatakan...

wow this really good blog content

yanuar bagus mengatakan...

wah blognya top...
ajari saya gambar rumah jepang ya...

Posting Komentar

Penulis mengajak pembaca memberikan donasi untuk pengembangan ilmu. Donasi dapat ditransfer ke rekening berikut a.n. HARIS PRADIPTA PUTRA:

BNI 0242311624

Jika anda membutuhkan penjelasan lebih lanjut ataupun bantuan seputar artikel di atas, silahkan kontak saya di haris.pradipta[at]gmail.com

Profil Saya

Foto Saya
Saya Haris Pradipta Putra, bekerja di PT. PJB - Badan Pengelola Waduk Cirata/BPWC, di bidang Pemeliharaan Sipil. Terima kasih atas bantuannya dan atas kunjungannya ke blog saya.
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons