Pages

Selasa, Maret 20, 2012

Samsung E1080F [Ponsel Low-End Pintar]

(Purwakarta, HARISPRADIPTA.blogspot.com) Saat hape Nokia 3120classic saya mencapai puncak ketololannya, yang berupa tidak dapat mencari sinyal dengan benar, microphone mendadak tuli, baterei ngedrop walau pemakaian sangat sesuai standar, hingga body pecah-pecah tak keruan tanpa sebab yang jelas, akhirnya saya menyerah dan membeli hape yang sesederhana mungkin, menyesuaikan kantong saya yang sama sederhananya.


Setelah saya browsing-browsing, tanya-tanya, dan survey-survey, maka pilihan saya jatuh pada hape Samung E1080F, yang kemudian saya menyebutnya Smart Low-End Phonecell dengan harga hanya Rp. 140.000,-.


Secara umum, Samung E1080F pasti akan digilas oleh Nokia di kelasnya. Pasalnya hape ini tidak ada fitur hiburan yang memadai, hanya ada game sederhana (kecuali beberapa edisi Samung E1080F yang lain menyuguhkan game sudoku). Kemudian fitur-fitur standar kantor juga sangat minim, hanya ada memo yang karakternya sangat terbatas. Tidak ada to do list maupun kalender yang terintegrasi.

Namun semuanya terbayar dengan fitur-fitur ajaib yang disematkan di ponsel sederhana ini. Antara lain:

Baterai Yang Luar Biasa Awet
Ponsel yang sederhana seperti ini tentu saja tidak memerlukan banyak energi. Maka dari itu, ponsel ini mampu bertahan hidup hingga lima hari (jika cuma dipakai ber-sms ria). Saat penggunaan normal untuk sms dan telfon, baterai dapat bertahan tiga hari. Sangat tepat untuk orang yang suka lupa ngecas hape atau yang punya hobi kegiatan out-door, misal naik gunung. Waktu pengisian kembali dalam keadaan normal juga sangat singkat, hanya tiga jam. Dapat dibilang satu jam pengisian untuk satu hari pakai.

Torch-Light (Senter)
Masih berhubungan dengan pecinta alam yang hobi naik gunung, hape ini juga mempunyai fitur lampu senter. Mengaktifkannya dengan cara menekan-tahan tombol navigasi atas saat posisi stand-by, ulangi cara yang sama untuk mematikannya kembali. Pada menu ponsel tempat fitur ini dapat dicari di MENU – APPLICATIONS – TORCHLIGHT.

Block Number dan Auto Reject
Buat para buronan mantan pacar, hingga para buronan mertua, yang tidak menghendaki dihubungi/diganggu oleh mereka, ponsel ini memiliki dua fitur yang sangat membantu berupa Block Number untuk memblokir sms dari nomor yang tidak dikehendaki, dan Auto Reject untuk menolak panggilan dari nomor yang tidak dikehendaki secara otomatis. Tapi mohon diingat agar fitur ini digunakan dengan bijak, karena fungsi asalnya adalah menolak masuknya pesan/panggilan SPAM, bukan untuk menolak pesan/panggilan dari bos yang menyebalkan.

Block Number dapat ditemukan di MENU – SETTING – APPLICATION – MESSAGE – TEXT MESSAGE – BLOCK NUMBER. Anda memiliki 10 daftar mantan pacar yang dapat anda masukkan ke dalam Block Number. Anda dapat mengetikkan nomor atau menambahkannya dari kontak.

Auto Reject dapat ditemukan di MENU – SETTING – APPLICATION – CALL – ALL CALLS – AUTO REJECT. Pastikan statusnya ON dan tambahkan daftar nomor yang tidak dikehendaki pada REJECT LIST.

Fake Call (Panggilan Bohongan)
Saat terjebak dalam situasi yang membosankan dengan seseorang, namun kita sungkan untuk menolaknya, fitur ini dapat membantu. Karena dengan fitur ini kita bisa seolah-olah mendapat satu panggilan yang harus segera diangkat, sehingga kita terbebas dari kebosanan dengan orang tersebut.

Fitur ini dapat ditemukan di MENU – SETTING – APPLICATION – FAKE CALL. Atur waktu berapa detik/menit anda akan mendapat panggilan bohongan tersebut di FAKE CALL TIMER. Setelah itu pada posisi stand-by, tekan-tahan tombol navigasi bawah hingga muncul peringatan FAKE CALL ACTIVATED. Anda akan segera mendapatkan panggilan dari Unknown sesuai dengan waktu yang telah anda tentukan.

Mobile Tracker
Fitur ini adalah fitur yang menjengkelkan bagi para maling hape. Saat fitur ini telah diaktifkan, kemudian seseorang memasukkan SIM Card baru, SIM Card tersebut otomatis akan mengirimkan pesan ke nomor-nomor yang telah kita tentukan sebelumnya. Sehingga keberadaan hape dapat dilacak. Fitur ini dapat ditemukan di MENU – SETTING – SECURITY – MOBILE TRACKER.

Privacy Lock
Bagi yang khawatir akan mafia-mafia inbox disediakan fitur Privacy Lock yang memungkinkan pemilik hape menguci beberapa menu yang diinginkan dengan password. Fitur ini ditemukan di MENU – SETTING – SECURITY – PRIVACY LOCK.

Basa Jawa
Saya rasa segmen pasar hape ini adalah para usia lanjut yang hanya membutuhkan fungsi dasar hape dan juga hanya terbiasa dengan bahasa daerah. Maka dari itu, pada menu pilihan bahasa disediakan Basa Jawa. Untuk sementara belum ada Bahasa Sunda ataupun Minang. Jadi untuk pengaturan Time and Date berubah menjadi Wektu lan Dina. Dan menu-menu lain menjadi sangat unik ketika ditranslate menjadi Basa Jawa.

Selamat mencoba hape sederhana ini. Beri komentar jika anda terkesan.




5 comments:

Unik mengatakan...

Untuk kualitas ane rasa Samsung Juga Nggak Kalah ama Nokia Gan ^_^

njowotenan mengatakan...

ra tau apdet

abdul aziz masyhuri mengatakan...

wew..dapet job review ki!

Anonim mengatakan...

mantap ini hape, sekali diisi penuh baterai bisa bertahan stand by selama 14 hari lebih
lumayan untuk cadangan

san
twitter @untubiru

Hery Strada mengatakan...

lumayanlah

Posting Komentar

Penulis mengajak pembaca memberikan donasi untuk pengembangan ilmu. Donasi dapat ditransfer ke rekening berikut a.n. HARIS PRADIPTA PUTRA:

BNI 0242311624

Jika anda membutuhkan penjelasan lebih lanjut ataupun bantuan seputar artikel di atas, silahkan kontak saya di haris.pradipta[at]gmail.com

Profil Saya

Foto Saya
Saya Haris Pradipta Putra, bekerja di PT. PJB - Badan Pengelola Waduk Cirata/BPWC, di bidang Pemeliharaan Sipil. Terima kasih atas bantuannya dan atas kunjungannya ke blog saya.
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons