Pages

Sabtu, Agustus 21, 2010

Tempat Nomor Mesin Kendaraan Honda Karisma

(Ponorogo, HARISPRADIPTA.blogspot.com)

Hahay... Akhirnya gue menemukan tempat kombinasi angka-angka itu. Selama enam tahun si Karisma ada di rumah, gue tidak pernah perduli dengan yang namanya Nomor Mesin Kendaraan. Gue hanya terima pakai, rawat dan kadang merusakkannya. Yang peduli dengan nomor mesin kendaraan mungkin paling banter adalah tukang parkir di Kantor Samsat yang banyak dimintai tolong oleh konsumen untuk menggosokkan nomor mesin kendaraan yang tercetak di mesin kendaraan untuk keperluan administrasi motor. Sampai tadi malam gue disuruh sama si Babe untuk menggosok nomor mesin kendaraan si Karisma.

"Ris, gosokno nomer mesin montormu! Sesuk isuk arep Bapak gowo." (Ris, gosokkan nomor mesin motormu! Besok pagi hendak Bapak bawa.)

"Nggih..." (Ya) Sahut gue.

Kemudian gue mulai berkutat dengan mesin motor malam itu juga. Gue yakin nomor mesin kendaraan itu berada di suatu tempat di bagian bawah mesin motor yang bentuknya silinder itu. Kebetulan tadi siang gue baru datang dari Malang, jadi bagin perut mesin motor masih penuh dengan oli dan kotoran-kotoran yang didapat di sepanjang perjalanan tadi siang. Gue meraba-raba bagian perut mesin motor gue dengan penuh semangat. Kotor, hitam dan berminyak, tapi tidak ada yang menurut gue seperti cetakan kombinasi nomor mesin. Tidak gue temukan, dan walhasil tangan gue coreng moreng dengan oli dan kotoran. Gue memutuskan melanjutkan perjuangan esok hari.

Paginya, seluruh badan mesin motor Karisma gue cuci bersih sekali sembari gue raba-raba. Dan "Hahay", akhirnya ketemu juga nomor mesin tersebut. Tempatnya berada di mesin sebelah kiri, di bawah mesin yang berbentuk silinder, tidak menghadap ke bawah (di perut mesin) seperti yang gue kira, melainkan menghadap ke luar (ke samping kiri). Jadilah gue menggosok nomor mesin Karisma yang tercetak di besi mesin tersebut. Tidak perlu merubuhkan motor, tidak perlu membongkar dek-dek motor.




Kata peribahasa, lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya. Ternyata peribahasa itu berlaku juga dengan motor. Gue berinisiatif mencari Nomor Mesin Kendaraan Mio si Emak, ternyata tidak berada di tempat yang sama dengan Nomor Mesin Karisma. Nomor Mesin Kendaraan Mio berada di sisi sebelah kanan mesin. Posisinya sama, di bawah mesin yang bentuknya silinder dan menghadap ke luar.



___________________
PS: Foto diperagakan oleh Ema.

5 comments:

Segawon mengatakan...

horotoh kono...

Anonim mengatakan...

terima kasih atas infonya. ini sangat sangat membantu saya :D

Anonim mengatakan...

makasih infonya.. kebetulan sy juga lagi nyari. It help me a lot :)

Sukalagu mengatakan...

Kalo punya Honda Spacy ngumpet dimana ya? belum ketemu nih nomornya..

hasan syadily mengatakan...

Sangat membantu,, terima kasih

Posting Komentar

Penulis mengajak pembaca memberikan donasi untuk pengembangan ilmu. Donasi dapat ditransfer ke rekening berikut a.n. HARIS PRADIPTA PUTRA:

BNI 0242311624

Jika anda membutuhkan penjelasan lebih lanjut ataupun bantuan seputar artikel di atas, silahkan kontak saya di haris.pradipta[at]gmail.com

Profil Saya

Foto Saya
Saya Haris Pradipta Putra, bekerja di PT. PJB - Badan Pengelola Waduk Cirata/BPWC, di bidang Pemeliharaan Sipil. Terima kasih atas bantuannya dan atas kunjungannya ke blog saya.
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons