Pages

Selasa, Juni 08, 2010

Membuat Maket Pondasi Sarang Laba-Laba [Tips & Trik]

(Malang, HARISPRADIPTA.blogspot.com)

"Silakan saudara menerangkan cara pembuatan pondasi sarang laba-laba", perintah Pak Imam Alfianto, dosen Teknologi Bahan Bangunan II, ketika kemarin gue perbaikan ujian akhir semester untuk mata kuliah ini karena nilai-nilai yang menyedihkan.

"Begini, Pak", sahut gue. "Pertama-tama kita harus melakukan pembersihan lokasi terlebih dahulu, kemudian kita dapat melakukan galian pondasinya sedalam 1 – 1,5 m, dan bla... bla... bla...", gue mulai berceloteh tidak jelas. Pak Imam memandang dengan datar.

Beberapa menit kemudian gue merasa sudah cukup puas dengan jawaban yang gue jabarkan. "Kamu ngarang dari mana itu?", kata Pak Imam. "Sudah, keluar saja...! ganti yang lain". Gue hanya bengong dan kemudian keluar.

"Ujian-ujian nilainya jeblok, ujian perbaikan malah diusir, bisa gawat ini", pikir gue. Namun sore harinya, kita-kita para fakir nilai mendapat secercah cahaya harapan ketika Bascom, si Ketua kelas untuk kuliah Pak Imam ini, memberitahu bahwasanya siapa saja yang ingin mendapat nilai tambahan harus membuat maket sesuai dengan materi yang pernah dipresentasikan saat perkuliahan.

Ide kreatif mulai bermunculan, dari menyewa pemaket bayaran hingga membeli maket instan (memangnya ada, ya?). Namun keduanya pasti akan menelan biaya yang cukup banyak. Jadilah gue berencana membuat maket sendiri. Dan target partner (baca: korban kerja paksa) membuat maket adalah teman gue Irur. Ide pertama yang muncul adalah "membuat maket pondasi sarang laba-laba". Tekad untuk memperbaiki apa yang kemarin pernah ditolak oleh Pak Imam. Dan kala itu hanya punya waktu yang sedikit untuk menyelesaikan maket ini, mengharuskan gue memikirkan membuat maket yang praktis namun tidak mengecewakan. Maka mulailah gue menyiapkan apa yang dibutuhkan dalam proyek ini.

1. Alat dan Bahan
Bahan dalam maket gue hanya memerlukan kertas karton tebal satu lembar untuk alas dan yang tipis kurang lebih 10 lembar untuk bentuk pondasi keseluruhan, serta styrofoam. Alat yang digunakan cukup mudah ditemukan di alam sekitar kita, yaitu penggaris, pensil, gunting, cutter, lem kertas, selotip double tape, hair dryer, setrika, dan kepala dengan ide yang cemerlang.

Peralatan pembuatan maket

Kepala dengan ide yang cemerlang

2. Pembuatan
Pertama-tama, membuat konsepnya. Gue menggunakan program Sketch Up dari Google untuk membuat konsep awalnya. Hasilnya seperti gambar di bawah ini.

Konsep maket

Gue buat pondasi ini memiliki tebal 20 cm, tinggi 1 m, jarak antar kolomnya 3 m (dari as kolom), tinggi kolom 4 m dan tebal pelat lantai 20 cm. Konsepnya digambar pada karton tebal yang digunakan sebagai alas dengan skala 1 : 100.

Menggambar konsep maket pada karton alas

Untuk karton pembentuknya (yang tipis) gue bagi menjadi 3 bagian. Untuk badan pondasi, untuk balok rib (bagian pondasi yang berbentuk segitiga, dan untuk pelat pondasi yang di atas pondasi sarang laba-laba.

Bagian pertama terdiri dari empat sisi. Dua sisi sama dengan dua kolom, dan sisi sama yang lain dengan satu kolom. Pada gambar, yang berwarna pink adalah bagian yang akan dilem, dan garis-garis tersebut adalah garis lipat. Maka jadinya seperti gambar di bawah ini.

Bagian 1 (badan pondasi)

Kemudian membuat bagian kedua untuk membuat balok rib-nya. Seperti gambar di bawah ini.
Bagian 2 (balok rib segitiga)

Langkah selanjutnya adalah mengguntingi semua konsep yang telah selesai digambar dilanjutkan dengan mengelemnya.

Menggunting karton bagian 1 (badan pondasi)

Menggunting dan mengelem karton bagian 2 (balok rib segitiga)

Gunakan hair dryer atau strika jika lem tidak kunjung mengering

Memasang guntingan karton bagian 2 (balok rib segitiga)

Mendirikan guntingan karton bagian 1 (badan pondasi)

Memasang guntingan bagian 3 (pelat lantai) dan styrofoam untuk efek tanah isian (sirtu yang dipadatkan) di dalam pondasi

Mengecat bagian-bagian dari pondasi untuk memberikan legenda maket

Maket selesai

1 comments:

Cah Ndueso mengatakan...

jian...calon kontruktor tenan...

Posting Komentar

Penulis mengajak pembaca memberikan donasi untuk pengembangan ilmu. Donasi dapat ditransfer ke rekening berikut a.n. HARIS PRADIPTA PUTRA:

BNI 0242311624

Jika anda membutuhkan penjelasan lebih lanjut ataupun bantuan seputar artikel di atas, silahkan kontak saya di haris.pradipta[at]gmail.com

Profil Saya

Foto Saya
Saya Haris Pradipta Putra, bekerja di PT. PJB - Badan Pengelola Waduk Cirata/BPWC, di bidang Pemeliharaan Sipil. Terima kasih atas bantuannya dan atas kunjungannya ke blog saya.
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons